29 Maret 2009

Aceh

Mushaf Aceh dalam Berbagai Koleksi

Al-Qur'an dari Aceh—yang mudah dikenali dari bentuk, motif dan warna hiasannya—kini telah menjadi koleksi berbagai lembaga di dalam dan luar negeri. Di Aceh sendiri, tiga lembaga penting yang mengoleksi sejumlah naskah Al-Qur'an Aceh, yaitu Museum Negeri Nanggroe Aceh Darussalam mengoleksi sebanyak 32 Al-Qur'an Aceh [Kepala museum mengatakan memiliki koleksi Jl. Sultan Alauddin Syah, Banda Aceh, 70 naskah]; Yayasan Pendidikan Ali Hasjmy Jl. Sudirman no.20 Banda Aceh mengoleksi 20 Al-Qur'an; dan Dayah Tanoh Abee, Seulimum, Ujong Mesjid, Aceh Besar, mengoleksi 23 buah. Selain tiga lembaga tersebut, di Aceh, sejumlah Al-Qur'an juga dimiliki oleh perorangan yang merupakan ahli waris keluarga.
Di Jakarta, Perpustakaan Nasional RI mengoleksi 7 buah Al-Qur'an Aceh. Di luar negeri, Perpustakaan Nasional Malaysia, Kuala Lumpur, mengoleksi 4 buah Al-Qur'an Aceh; dan Islamic Arts Museum Malaysia, Kuala Lumpur, mengoleksi satu buah. Sementara di negeri Belanda, karena perjalanan sejarah, Universitas Leiden mengoleksi 7 buah Al-Qur'an Aceh; Koninklijk Instituut voor de Tropen, Amsterdam, mengoleksi 7 buah; Rijkmuseum voor Volkenkunde, Leiden, mengoleksi 6 buah; dan Nijmeegs Volkenkundig Museum, Universiteitsbibliotheek van Amsterdam, Universiteitsbibliotheek, Utrecht, serta Wereldmuseum, Roterdam, masing-masing mengoleksi satu buah Al-Qur'an dengan hiasan khas Aceh. Di luar data ini, baik di dalam mapun di luar negeri, diperkirakan masih banyak terdapat Al-Qur'an dari Aceh yang tidak tercatat.
Sementara itu, Dr Fakhriati, asal Aceh, memberikan informasi bahwa Saiful Bahri, Lingom Samahani Aceh Besar, menyimpan 5 naskah; Jauhari, Lam Alue, Aceh Besar, menyimpan 6 naskah; Bu Khairani, Simpang, Kec Gulumpang Minyeuk, Pidie, menyimpan 1 naskah; dan terakhir, Syik Jah Cot Baroh, Pidie, menyimpan 1 naskah Al-Qur'an.

[Catatan: Jika Anda memiliki informasi lebih jauh mengenai keberadaan al-Qur'an Aceh, di mana pun, mohon sampaikan kepada kami melalui "komentar" di bawah ini. Informasi Anda sangat kami perlukan untuk melengkapi penelusuran ini.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar